Rabu, 28 Maret 2012

Algoritma Pemrograman : Gaji Karyawan (Method)

Soal :


Contoh Program Java :
////////////////////////////////////////////////////////////////////////////// 
import java.util.Scanner;
public class Prak02_11520241015{

    static int gol=0,gaji=0,jamker=0,gajijam=0,jam_lembur=0,gajilembur=0,total=0;
        static String nama;
   
        //sub rutin (method) procedure
        public static void main(String []args){
            System.out.println("     === ENTRY DATA === ");
            System.out.print("Masukkan nama karyawan     : ");
        Scanner c =new Scanner (System.in);
                nama =c.nextLine();
            System.out.print("Masukkan golongan karyawan : ");
        Scanner a =new Scanner (System.in);
                gol =a.nextInt();
            System.out.print("Masukkan jumlah jam kerja  : ");
        Scanner b =new Scanner (System.in);
                jamker =b.nextInt();
   
        //menghitung golongan, gaji tetap, gaji per jam
        if(gol == 1){
        gaji= 500000; gajijam = 50000;
    }
            else if (gol== 2){
            gaji = 300000; gajijam = 3000;
            }
                else if (gol == 3){
                gaji= 250000; gajijam = 2000;
                }
                    else if (gol == 4){
                    gaji = 100000; gajijam = 1500;
                    }
                        else if(gol == 5){
                        gaji = 50000; gajijam = 1000;
                        }
       

       //menghitung jumlah jam lembur & gaji lembur
       if (jamker>150){
           jam_lembur= jamker - 150;
           gajilembur = (int) (jam_lembur*1.5*gajijam);
       }
                               
                                //menghitung total gaji  
                                total=gaji+gajilembur;
       
                // print data karyawan
        System.out.println("\n\n     ===  DATA KARYAWAN  ===  " );
                System.out.println("Nama karyawan           : " +nama);
                System.out.println("Golongan karyawan       : " +gol);
                System.out.println("Gaji tetap              : " +gaji);
                System.out.println("Gaji per jam            : " +gajijam);
                System.out.println("Jumlah jam kerja        : " +jamker);
                System.out.println("Jumlah jam lembur       : " +jam_lembur);
                System.out.println("Jumlah gaji lembur      : " +gajilembur);
                System.out.println("Gaji total              : " +total);
       }         
   
        // sub rutin (method) function
    public int jam_lembur() {
        return jam_lembur;
    }
   
    // sub rutin (method) function
    public int gajilembur() {
        return gajilembur;
    }
   
    // sub rutin (method) function
    public int total() {
        return total;
    }
   
}

Output :
 

0 komentar:

Posting Komentar